Sabtu, 28 Juli 2012

Menulis Sebuah Artikel Yang Baik

Terkadang kehabisan ide bagi seorang penulis juga merupakan suatu momok yang 'menakutkan'. Hehe... tidak seserem itu kali yah? Karena dengan kehabisan ide tersebut, sang penulis akan bingung apa yang harus ditulis dan materi apa yang akan disampaikan kepada pembaca. Sehingga hal ini tidak jarang membuat seorang Blogger memilih jalan pintas untuk mencopypaste atau yang sering disebut copas sebuah artikel yang ia baca dari mana saja.

Selain tidak diperbolehkan, yang katanya akan melanggar hak cipta dari yang punya konten asli, juga bila hal ini dilakukan, blognya akan sangat tidak baik di mata Google. Google memiliki tekhnologi yang sangat canggih. Mereka memiliki perhitungan komputasi yang mampu mengelola milyaran web yang tersebar di jaringan internet.

Baru-baru ini Google telah melakukan perubahan algoritma di mana perubahan tersebut telah berdampak besar terhadap situs atau blog yang tidak memiliki konten asli sehingga penurunan kualitas atau peringkat pun terjadi pada blog tersebut. Sebaliknya untuk situs atau blog yang memiliki konten asli akan diberi peringkat yang lebih baik. Perubahan algoritma inilah yang kemudian dikenal sebagai Google Panda.



Saya pribadi tidak keberatan bila ada seseorang yang ingin menyalin artikel yang telah saya buat lalu kemudian menaruh artikel tersebut ke dalam blognya dan saya tidak akan memintanya untuk mencantumkan link sumbernya. Akan tetapi, seperti yang telah saya utarakan di atas, bahwa blog yang suka melakukan copas artikel atau tidak memiliki konten asli akan berdampak pada penurunan pagerank oleh algoritma Google.

Satu hal lagi yang sangat gampang untuk dicermati bila kita ingin menentukan mana blog yang memiliki artikel atau konten asli dan mana yang tidak. Contohnya, ada dua buah blog yang masing-masing memiliki sebuah artikel yang sama, kita dapat dengan mudah mengatakan atau membedakan mana artikel yang asli dan mana artikel yang melakukan copy paste. Pada mesin telusur Google, di sana akan terlihat dengan jelas tanggal kapan sebuah artikel dipublish. Dengan melihat ini saja kita sudah tahu mana artikel yang asli, mana artikel copas. Jelas artikel yang asli akan memiliki tanggal publish lebih duluan dibanding artikel copas.

Oleh karenanya akan sangat baik bila kita ingin menyalin sebuah artikel tidak dilakukan dengan menyalin mentah-mentah begitu saja. Baca terlebih dahulu dan pahami isi artikel yang akan kita salin. Setelah kita memahami isi artikel tersebut, kita sadur ulang atau istilah kerennya, meliris kembali artikel tersebut dengan bahasa kita sendiri sehingga kita tidak akan disebut-sebut sebagai orang yang suka nyolong artikel orang dan tentu saja, artikel yang kita publish akan terlihat asli di mata Google.

Semoga bermanfaat !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah memberi komentar yang bermanfaat bagi para pembaca.