Minggu, 22 Juli 2012

Optimalisasi Blog Di Google Search

Seorang webmaster atau pemilik situs pastinya selalu berusaha memperbaiki situsnya agar bisa tampil baik di mesin pencari Google. Jika berhasil dilakukan, pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada orang banyak lebih mudah dicapai.

Pada umumnya seseorang yang ingin mendapatkan informasi akan melakukan penelusuran hanya pada halaman-halaman awal di mesin pencari. Halaman kedua dan ketiga mungkin masih banyak yang cari, akan tetapi memasuki halaman ke 4, saya yakin para pencari informasi akan melakukan 'close tab'. Jadi tidak heran bila semuanya sedang bersaing dan bersaing untuk yang terbaik. Berbagai macam tekhnik SEO pun dikeluarkan untuk mendapatkan hasil baik pada situsnya.

Namun berbicara soal tekhnik SEO, tidak bisa hanya cukup di satu artikel saja. Tidak cukup hanya dibaca semalaman saja, kamu dikatakan sudah mahir SEO. Akan tetapi butuh ketekunan dan keuletan serta kemauan yang tinggi untuk mempelajarinya.

Oke deh, tanpa basa-basi lagi, saya akan mengajak kamu untuk memperhatikan satu hal yang saya pikir sangat penting dan terkait erat dengan hasil pencarian di Google. Hal ini mutlak harus dilakukan bila kamu menginginkan situs kamu tampil baik di Google Search.



Berikut ini adalah gambar sebuah screenshoot mesin telusur Google yang saya ambil dengan sebuah kata kunci atau keyword 'game' :
google search engine
Dari gambar di atas, ada beberapa poin penting yang bisa kita ambil kesimpulannya, yakni Title dari sebuah homepage yang diberi warna biru, Domain atau Url yang diberi warna hijau dan yang paling bawah adalah Deskripsi yang berwarna hitam. Dan target keyword 'game' pada mesin telusur Google semuanya dicetak dengan huruf tebal. Ini menunjukkan baik Title, Domain atau Url dan Deskripsi mempunyai andil yang sangat besar di dalam pengindeksan oleh mesin telusur Google.
  1. Title ~ Buatlah satu atau beberapa buah target kata kunci yang kamu inginkan di tag title. Dengan adanya target kata kunci di tag title, ini akan memberitahu Google apa yang menjadi identitas situs atau blog kamu. Kata kunci yang akurat dan relevan akan sangat membantu di dalam menentukan hasil pengindeksan di mesin telusur. Menurut ahli SEO panjang dari sebuah tag title akan sangat bagus bila tidak melebihi 70 karakter termasuk karakter.
  2. Domain atau Url ~ Bila hendak memilih sebuah alamat domain, usahakan memilih domain yang mengandung target kata kunci. Ini penting dan sebagai nilai tambah di dalam pengindeksan oleh Google. Bandingkan bila kamu mempunyai sebuah domain seperti game.com dan mainan.com. Dan kamu memasukkan sebuah kata kunci ‘game’ di mesin telusur Google. Tentu saja domain game.com akan lebih mempunyai peluang lebih besar untuk terindeks oleh Google bukan?
  3. Deskripsi ~ Adalah sebuah rangkaian kata yang membentuk kalimat yang menerangkan apa yang ada di situs atau blog kamu kepada pengunjung. Di dalam hasil pencarian, deskripsi selalu berada di bawah domain atau url. Jangan ragu untuk menempatkan target kata kunci di deskripsi dan seperti pada contoh gambar di atas, deskripsi juga memiliki andil di dalam menentukan hasil pencarian oleh mesin telusur. Sebuah meta deskripsi sebaiknya tidak melebihi dari 150 karakter.
Nah, kira-kira ketiga hal di atas yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Bahasan di atas berlaku juga untuk sebuah artikel, jadi tidak hanya pada sebuah homepage. Jadi benahi hal-hal yang telah saya sebutkan di atas bila kamu menginginkan blog kamu selalu tampil optimal di mesin telusur Google atau Search Engine Google. Salam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah memberi komentar yang bermanfaat bagi para pembaca.