Selasa, 18 September 2012

Cara Mengalihkan atau Redirect Sebuah Halaman di Blogspot

Cara Mengalihkan atau Redirect Sebuah Halaman di Blogspot
Beberapa waktu yang lalu saya ada mengikuti sebuah kontes SEO yang diselenggarakan oleh sebuah situs. Saya pun mendaftar untuk mengikuti lomba tersebut. Saya pun diterima sebagai salah satu kontestan.

Setelah selesai mendaftar dan diapprove, saya pun mulai mencari backlink untuk artikel yang saya ikutkan dalam perlombaan. Entah apa maksud dari penyelenggara kontes tersebut, secara tidak sengaja, saya berkunjung kembali ke halaman peraturan-peraturan yang dibuat untuk para kontestan. Saya kecewa setelah saya mengikuti kontes tersebut, saya melihat update peraturan yang menyebutkan bahwa KAMI TIDAK MAU MENERIMA BLOG YANG UMURNYA BELUM MENCAPAI 4 BULAN.

-->

Umur blog saya ini waktu itu belum mencapai tiga bulan. Ini bisa dilihat dari arsip-arsip artikel yang saya miliki. Akan tetapi meskipun masih baru, blog saya sudah PR 1 lho. Ga tinggi sih PR nya, namun lumayan kan? Oleh karenanya saya pun keluar dari perlombaan tersebut. Saya tidak tahu apa maksud dari admin situs tersebut yang mengatakan blog yang belum berumur empat bulan tidak boleh mengikuti kontes. Mungkin mereka tidak mau mendapat backlink yang jelek dari para kontestan. Mungkin akan lebih baik bila update peraturannya tersebut menyebutkan KAMI TIDAK MAU MENERIMA BLOG YANG PAGERANKNYA DI BAWAH PR3 ATAU PR2 DAN SEBAGAINYA.. Emh... harusnya begitu yach...??

Nah berhubung saya tidak ingin menghapus halaman tersebut, saya pun mencoba untuk mengalihkan halaman tersebut ke artikel yang lain. Saya membuat pengalihan sebuah halaman seperti pada kasus di atas, kita harus masuk ke Dashboard Blogger terlebih dahulu. Setelah itu masuk ke tab Setelan, kemudian pilih Preferensi Penelusuran. Nah pada bagian Kesalahan dan Pengalihan, di situ terdapat dua macam pengalihan. Yang pertama adalah pengalihan karena halaman tidak ditemukan atau eror 404 dan yang kedua adalah pengalihan url sebuah halaman ke halaman yang lain pada blog itu sendiri.

Contoh nya seperti ini, link http://gkkb.blogspot.com/2012/08/layanan-bisnis-pulsa-dan-token-pln.html kemudian saya alihkan pada halaman yang memiliki link seperti berikut http://gkkb.blogspot.com/2012/08/membedah-bisnis-pulsa-dan-token-pln.html.

Pada contoh di atas, saya menggunakan pengalihan yang kedua yakni mengalihkan sebuah postingan ke postingan yang lain. Caranya pun sangat mudah,  kita hanya tinggal memasukkan sebuah url halaman yang mau dialihkan dan sebuah url yang menerima pengalihan. Itu saja.... Gampang bukan?

Nah kalau berbicara soal manfaatnya, katanya sih.... dengan cara begitu akan lebih SEO friendly. Selain tidak membuang percuma url yang sudah usang atau tidak diperlukan lagi, kita bisa membawa pengunjung ke sebuah halaman yang memiliki hubungan atau keterkaitan atau yang sering disebut juga relevansi sehingga  pengunjung akan lebih lama berkutat di blog kita. Yap..... itu saja yach......




1 komentar:

  1. Nice tutorial sob..kapan-kapan bakal saya terapkan nih di blog saya.

    Nice blog & Thanks :)

    BalasHapus

Terimakasih Anda telah memberi komentar yang bermanfaat bagi para pembaca.